You are here

30 Warga Tambakrejo Ikuti Pelatihan Menjahit

Sebanyak 30 warga Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro mengikuti pelatihan menjahit dan konveksi yang diadakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) selama tiga hari. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Balai Desa Tanjung, Kecamatan Tambakrejo sejak Rabu (15/4/2015) sampai Jumat (17/4/2015).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan pemberdayaan perempuan. Selain dilakukan pelatihan, ada pula bantuan 24 unit mesin jahit yakni delapan mesin jahit, delapan mesin obras dan delapan mesin jahit jenis pola.

"Bantuan mesin ini akan diberikan kepada peserta pelatihan yang telah terbentuk dalam kelompok. Tiap kelompok terdiri dari tiga sampai empat orang. Mereka akan mendapat satu paket mesin yang terdiri dari tiga jenis mesin jahit," kata Kasi Produksi Bidang Klai IHK Disperindag, Agustin Faridijani.

Program peningkatan kemampuan teknologi berupa kegiatan pelatihan menjahit dan konveksi ini dianggarkan senilai Rp129 juta. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk bantuan peralatan senilai Rp90 juta dan sisanya Rp39 juta untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan.

Sementara itu, Ketua DPRD, Mitro'atin meminta agar warga yang telah terpilih untuk mengikuti pelatihan ini agar bertanggungjawab memanfaatkan hasil pelatihan ini dengan sebaik mungkin.

"Karena ini menggunakan anggaran rakyat, maka harus bisa manfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai setelah selesai pelatihan tidak ada tindaklanjutnya," ujarnya saat mengunjungi pelatihan di Desa Tanjung Kecamatan Tambakrejo.

Dengan adanya bantuan dan pelatihan ini diharapkan bisa memperbaiki perekonomian masyarakat. Sebab, diakui Ketua DPRD, Mitro'atin, tingkat ekonomi di wilayah Tambakrejo masih terhitiung rendah.

Selain itu, kedepan pihaknya berniat akan memajukan produk asli Bojonegoro termasuk di wilayah Tambakrejo. Terlebih saat ini masyarakat Tambakrejo sudah ada yang menghasilkan produk batik. Tidak menutup kemungkinan juga kedepan akan diadakan kompetisi untuk mencari produk makanan yang bisa menjadi ikon Bojonegoro. [ana/lis] blokbojonegoro.com

Kategori: 

radio-group